Ternyata Beda Lho, blockboard dan multipleks

Sepintas mungkin banyak yang menganggap blockboard dan multipleks adalah satu bahan yang sama. Padahal, sebenarnya memiliki perbedaan. Perbedaan ini bisa Anda jadikan acuan sebelum membeli produk dari kedua bahan ini.

Kegunaan

Dengan lapisan veneer, bahan blockboard bisa memberikan tampilan akhir yang lebih halus dan licin. Jadi, sangat cocok untuk menampilkan kesan yang modern dan elegan di dalam ruangan. Oleh karenanya, blockboard ini umumnya diaplikasikan untuk furniture interior seperti rak buku, meja kerja serta kitchen set.

Sedangkan multipleks memiliki tekstur tampilan yang kuat. Karenanya sangat cocok untuk Anda yang suka dengan kayu alami. Kesan alami tersebut bisa Anda datangkan dengan mudah baik untuk interior maupun eksterior.

Material Dasar

Multipleks terbuat dari lapisan kayu solid, sedangkan blockboard tersusun dari balok-balok kayu lunak dan mempunyai lapisan multipleks setebal 20 sampai 30 mm pada bagian tengahnya. Pada bagian atas dan bawahnya juga dilapisi dengan veneer kayu, sehingga nampak halus dan mengkilap. Lapisan multipleks yang biasa digunakan umumnya terbuat dari kayu asli. Karenanya, secara tidak langsung papan blockboard dikategorikan ke dalam jenis multipleks.

Kekuatan dan Durabilitas

Dari aspek kekuatan dan ketahanan, multipleks memang sangat unggul daripada blockboard. Multipleks lebih tahan terhadap air dan pelapukan akibat kondisi ruangan yang lembab. Akan tetapi, untuk multipleks yang panjang sangat mudah memuai atau melengkung pada bagian tengahnya. Walaupun demikian, kedua jenis bahan ini memiliki ketahanan yang bagus terhadap goncangan dan benturan.

Perawatan

Tingkat durabilitas blockboard yang tidak sebaik multipleks menjadikannya membutuhkan perawatan yang lebih. Untuk perawatannya, Anda bisa membersihkan blockboard dengan kain pembersih yang kering dan usahakan untuk menghindari furniture yang terbuat dari blockboard sering basah terkena air.

Sedangkan multipleks cenderung lebih mudah menyerap noda sehingga harus segera dibersihkan saat terkena noda cair terutama yang bersifat kental. Sedikit berbeda dengan bahan blockboard, dalam merawatnya gunakanlah kain yang lebih basah untuk mengelapnya, kain yang baik adalah microfiber.

Dan jika kalian yang daerah Jabodetabek bisa hubungi kita untuk pembuatan dan pemasangan pagar dengan ukuran dan bentuk yang bisa di costum.

jasa pembuatan pagar, jasa bikin pagar jabodetabek

Jika Anda tertarik yang lebih lengkap, kunjungi instagram kami untuk info terbaru (@jagoandekor) . Bisa juga hubungin kami melalui Whatsapp untuk tanya tanya tentang dekorasi rumah dan kami akan memberikan rekomendasi untuk anda sesuai kebutuhan. Dan ada pelayanan konsultasi Gratis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Comment

Name

JagoanDekor.com

Kalkulator Dekor

Hitung Kebutuhan Anda

Ceritakan Keinginan Anda, Tim Kami Akan Segera Menghitungnya
POWERED BY
PT. PROSPERA TRITAMA KARYA
Home Toko Cart 0 Wishlist Akun Anda
Tim dukungan pelanggan kami siap menjawab pertanyaan Anda. Tanya kami kapan saja !
Shopping Cart (0)

No products in the cart. No products in the cart.