Rekomendasi Partisi Ruangan Visual Terbaik, Tidak Perlu Dinding!

Partisi ruangan berguna sebagai pemisah interior sehingga bisa digunakan untuk fungsi-fungsi tertentu. Sayangnya penggunaan partisi dinding akan mengakibatkan suasana rumah terasa sempit. Apalagi kalau ukuran rumah Anda tergolong mungil, maka interiornya pun bakal semakin sesak lagi. Demi menyiasati masalah ini, Anda bisa menerapkan partisi visual sebagai partisi rumah. Pada dasarnya, partisi ini bekerja dengan menciptakan kesan-kesan tertentu pada mata sehingga membuat suasana ruangan seolah-olah terpisah menjadi beberapa ruangan. Apa saja partisi visual yang bisa digunakan?

Yap, bagi Anda yang mempunyai rumah yang berukuran mungil, maka kami sangat merekomendasikan untuk menggunakan partisi visual daripada partisi fisik. Kelebihan dari partisi visual yaitu sama sekali tak akan memakan ruangan. Keberadaan partisi ini tak bakal mengurangi space di dalam ruangan. Sehingga ruangan pun akan tetap terasa lega, tidak penuh ataupun sesak. Partisi visual ini benar-benar pas sekali digunakan untuk membagi ruang berdasarkan fungsi serta tujuannya. Adanya partisi visual tersebut juga mampu menciptakan penampilan yang begitu kreatif di dalam interior rumah Anda.

Di bawah ini merupakan contoh-contoh partisi visual yang dapat Anda gunakan untuk membuat ruangan tetap terasa lega walaupun Anda sudah memisah-misahkannya. Partisi ini sangat bagus dipakai sebagai pengganti dari dinding.

FURNITURE

Pada interior rumah yang ukurannya luas, tentu Anda perlu membagi ruangan-ruangan tersebut sesuai dengan fungsinya, kan? Supaya kesan lega bisa terus dipertahankan di dalam ruangan ini, maka cobalah memisahkan ruangan tersebut memakai furniture yang berukuran pendek. Bentuk furniture seperti ini tidak akan menghalangi penglihatan mata. Anda juga dapat mengombinasikannya dengan furniture kaca sehingga permukaannya menjadi tembus pandang.

PENCAHAYAAN

Pencahayaan merupakan partisi ruangan paling murah dan efektif menghadirkan suasana tertentu pada masing-masing ruangan. Anda dapat membedakan ruangan dengan mengaplikasikan warna cahaya yang berbeda-beda. Contohnya di ruang tamu gunakan cahaya putih, dan untuk ruang keluarga di sebelahnya pasanglah lampu bersinar kuning. Selain dari segi warna cahayanya, faktor lainnya seperti jenis, bentuk, dan tingkat kecerahan lampu juga mampu mempengaruhi nuansa yang dihasilkan.

CAT DINDING

Selain pencahayaan, partisi visual lainnya yang juga populer untuk digunakan ialah cat dinding. Cat dapat menghasilkan pengaruh yang besar terhadap suasana suatu ruangan. Setiap warna mempunyai sifat dan karakteristik yang berpengaruh terhadap kesan yang mampu diciptakannya. Jadi, berhati-hatilah ketika Anda memilih warna cat untuk partisi ruangan. Usahakan perbedaan antar warna tersebut tidak terlalu mencolok sehingga desain rumah secara keseluruhan bisa dibangun dengan apik.

PERBEDAAN KETINGGIAN

Semakin tinggi ukuran plafon rumah, maka ruangan akan terasa lebih segar dan melegakan. Kesan inilah yang dapat dimanfaatkan untuk membangun pemisah ruangan tanpa harus mempersempitnya. Sebagai contohnya, Anda bisa mendirikan dinding ruang tamu yang lebih tinggi dari ruang makan sehingga ruang tamu pun terasa lebih sejuk dan suasana di ruang makan lebih akrab. Teknik ini juga sering diaplikasikan untuk hunian modern dengan model atap bertingkat. Anda bisa mencobanya.

LANTAI

Pemanfaatan lantai sebagai partisi biasanya dilaksanakan dengan memilih bahan material yang berbeda untuk masing-masing ruangan. Biasanya, cara ini diterapkan saat kita ingin menyatukan dapur dan ruang makan dengan fungsi sendiri-sendiri. Sama seperti pada pemilihan cat dinding di atas, pastikanlah Anda memilih lantai yang terpadu agar suasana di kedua ruangan ini tetap harmonis. Anda bisa coba memakai jenis-jenis lantai yang berlainan untuk setiap ruangan yang ada di dalam interior rumah.

TEMA

Penerapan tema yang berbeda-beda juga akan menegaskan apabila suatu ruangan itu terdiri dari fungsi yang berbeda-beda pula. Misalnya nih, Anda dapat menerapkan tema klasik pada ruang maka dan untuk ruangan keluarga memakai tema minimalis yang berwarna cokelat. Usahakan dalam penggunaan warna pembangun tema, pilih paduan warna berjenis monokrom agar pesona kedua ruangan ini bisa mengalir dengan lancar. Sebab bagaimanapun juga Anda harus tetap menjaga harmonisasi interior.

HIASAN DINDING

Hiasan dinding juga bisa Anda manfaatkan sebagai partisi visual di rumah loh. Cobalah menggantungkan berbagai hiasan dinding dengan konsep yang berbeda-beda pada setiap ruang. Maka nantinya bakalan tercipta nuansa yang berlainan pula di dalamnya. Lukisan, foto, atau wallpaper dinding dapat Anda coba terapkan untuk menciptakan kesan perbedaan yang lebih kuat. Penambahan aksesoris-aksesoris ini juga sanggup membuat desain interior nampak lebih berseni. Gunakan hiasan dinding yang menarik ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Comment

Name

JagoanDekor.com

Kalkulator Dekor

Hitung Kebutuhan Anda

Ceritakan Keinginan Anda, Tim Kami Akan Segera Menghitungnya
POWERED BY
PT. PROSPERA TRITAMA KARYA
Home Toko Cart 0 Wishlist Akun Anda
Tim dukungan pelanggan kami siap menjawab pertanyaan Anda. Tanya kami kapan saja !
Shopping Cart (0)

No products in the cart. No products in the cart.