Cara Plamir, Dempul, dan Kompon Plafon Kalsiboard

Interior rumah Anda akan terlihat semakin sempurna dengan adanya plafon yang terpasang di bagian langit-langitnya. Plafon ini berguna untuk menutupi atap dan rangkanya sehingga tidak tampak dari bawah. Selain itu plafon juga akan menyatukan dinding-dinding di ruangan. Alhasil ruangan tersebut akan terlihat lebih rapi. Fungsi plafon yang lainnya yaitu mencegah kotoran-kotoran dari atap terjatuh di lantai sehingga kebersihannya pun lebih terjaga.

Cara Plamir, Dempul, dan Kompon Plafon Kalsiboard - Arafuru

Kini semakin banyak material yang bisa digunakan untuk membuat plafon. Salah satunya yang paling bagus yaitu kalsiboard. Kalsiboard merupakan bahan bangunan non-alami yang terbuat dari campuran semen, pasir silica, dan serat selulosa dengan perbandingan tertentu. Material ini kini semakin jamak digunakan untuk membuat dinding dan plafon. Kelebihannya antara lain bentuknya presisi, teksturnya rata dan rapi, memiliki bobot yang ringan, serta awet.

Untuk membuat tampilan plafon kalsiboard semakin menarik, Anda dapat mengaplikasikan plamir, dempul, atau kompon pada permukaannya. Sebenarnya antara plamir dan dempul merujuk pada bahan bangunan yang sama. Kata plamir merupakan serapan dari bahasa belanda yaitu plamuur yang berarti dempul. Bahan ini biasa digunakan sebagai cat dasar, setelah penerapan compound untuk meratakan permukaan plafon.

Adapun cara melakukan pengomponan plafon kalsiboard adalah sebagai berikut :
  1. Anda perlu membersihkan plafon terlebih dahulu menggunakan sapu langit-langit.
  2. Campurkan compound dan air secukupnya untuk membuat adonan pengisi.
  3. Tentukan area di plafon yang tidak rata sehingga memerlukan upaya pengomponan.
  4. Gunakan roskam untuk mengaplikasikan compound ke permukaan plafon yang tidak rata atau berlubang.
  5. Lanjutkan pekerjaan meratakan tekstur plafon ini sampai selesai.
  6. Setelah lapisan compound cukup kering, Anda bisa meratakannya memakai ampelas halus.
  7. Gosokkan ampelas di atas permukaan compound dengan gerakan satu arah dan berulang-ulang sampai rata.
  8. Anda mungkin perlu melakukan pengomponan hingga sebanyak 2-3 kali untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Sementara itu, pemakaian dempul pada plafon berfungsi untuk menghaluskan tekstur permukaannya. Walaupun kelihatannya sudah rata, tetapi tekstur permukaan plafon kalsiboard belum terlalu halus. Perbedaan tekstur ini akan terlihat jelas ketika plafon terkena cahaya lampu dari samping. Dari segi estetika, pencahayaan yang menyinari plafon secara langsung 1akan membuat tampilan finishing yang kurang sempurna ini terlihat sangat jelas. Keindahan plafon pun berkurang.

Menyiapkan Bidang Kerja

Plafon yang akan diberi lapisan dempul perlu disiapkan terlebih dahulu agar hasil dempulnya pun bagus. Sama seperti saat melakukan pengomponan, Anda perlu membersihkan plafon tersebut. Gunakan sapu atap untuk mempermudah Anda menyapu permukaan plafon. Bersihkan seluruh area plafon secara merata. Jika ada, Anda pun dapat menggunakan vacuum cleaner. Kemudian bersihkan permukaan plafon menggunakan kain lap yang basah. Sebab di sini Anda juga perlu membasahi plafon untuk mempermudah penerapan dempul.

Membuat Adonan Dempul

Dempul memiliki wujud berupa tepung berwarna putih. Untuk menggunakannya, Anda perlu membuat adonan pasta dari tepung dempul tersebut. Oleh karena itu, Anda perlu mencampur dempul dengan air. Masukkan dempul ke dalam ember kecil. Kemudian tambahkan air secukupnya. Aduklah bahan-bahan ini agar tercampur rata. Jika adonan masih terlalu kental, Anda bisa menambahkan air lagi sambil terus mengaduk sampai tercipta pasta dempul dengan tingkat konsistensi yang pas.

Mengaplikasikan Dempul

Anda bisa menggunakan roskam untuk mengaplikasikan dempul ke permukaan plafon. Pilihlah roskam yang mempunyai permukaan rata sehingga hasil kerjanya pun bakal bagus dan halus. Ambil dempul memakai bagian ujung roskam secukupnya saja. Lalu oleskan ke permukaan plafon. Setelah itu, ratakan adonan dempul tersebut dengan menyebarkannya menggunakan roskam ke segala arah. Gerakkan roskam tadi secara maju-mundur atau menyamping untuk menghasilkan permukaan yang halus. Ulangi langkah ini hingga seluruh permukaan plafon berhasil dilapisi oleh adonan dempul.

Mengampelas Plafon

Biarkan lapisan dempul yang menutupi permukaan plafon mengering terlebih dahulu. Kemudian Anda bisa mengecek hasilnya. Selain melihatnya secara langsung, Anda juga dapat meraba permukaan plafon untuk merasakan teksturnya. Meski tampak halus, namun tekstur plafon tersebut masih cukup kasar. Sehingga Anda perlu mengampelas permukaannya untuk membuat teksturnya menjadi lebih halus. Gosokkan ampelas di permukaan plafon dengan gerakan memutar untuk mendapatkan hasil yang optimal. Anda perlu mengampelasnya sampai tekstur plafon benar-benar terasa halus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Comment

Name

JagoanDekor.com

Kalkulator Dekor

Hitung Kebutuhan Anda

Ceritakan Keinginan Anda, Tim Kami Akan Segera Menghitungnya
POWERED BY
PT. PROSPERA TRITAMA KARYA
Home Toko Cart 0 Wishlist Akun Anda
Tim dukungan pelanggan kami siap menjawab pertanyaan Anda. Tanya kami kapan saja !
Shopping Cart (0)

No products in the cart. No products in the cart.